Artikel

Artikel

Google+ Page

Rabu, 20 Februari 2013

Peran Suami Saat Istri Hamil


Tugas istri dalam mengandung janin tidaklah mudah, banyak perubahan yang terjadi pada istri baik itu perubahan fisik ataupun psikologis. Jika kesehatan fisik atau mental sang bunda terganggu, bisa berakibat fatal terhadap janin yang dikandungnya. Nah, disinilah dibutuhkan peran seorang suami saat istri hamil. Peran suami sangatlah penting dalam perkembangan janin. Lalu apa saja yang dapat dilakukan suami dalam mendampingi sang istri?

Berikan perhatian kepada istri

Memberikan perhatian kepada istri adalah hal yang paling utama yang harus dilakukan suami. Pada saat hamil sang bunda banyak sekali mendapatkan tekanan, disinilah peran suami dibutuhkan. Berikanlah perhatian dengan melimpahkan kasih sayang, memeluknya, membelainya, menemaninya saat dibutuhkan. Ajaklah sang istri bicara sesering mungkin, dengarkanlah segala keluhannya. Jika ia sedang sedih, panik atau gelisah hiburlah ia dengan kata-kata manis yang dapat menghiburnya. Dengan limpahan kasih sayang yang anda berikan, sang istri akan menjadi tenang dan bahagia serta akan berdampak positif untuk si janin. Sebaliknya jika suami bersikap cuek, sang istri akan merasa stres karena harus menanggung permasalahan sendiri dan tentu saja akan berpengaruh buruk terhadap janin yang dikandung.

Berkomunikasi dengan janin

Janin sudah bisa mendengar dengan jelas sejak minggu ke-20. Ajaklah janin berkomunikasi, jangan biarkan janin hanya mendengar suara bundanya saja. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan sampai mengucapkan kata-kata yang bernada marah, sedih,   stress/depresi atau keluhan-keluhan di depan janin. Ucapkanlah kata-kata yang menimbulkan rasa bahagia, bangga kepada janin serta ciptakanlah suasana bahagia bersama istri dan janin. Setiap perkataan yang diucapkan di depan janin akan sangat mempengaruhi karakter atau sifat janin di kemudian hari.

Menjadi suami siaga (siap antar dan jaga)

Usahakan untuk mulai mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting, selama itu tidak mengganggu pekerjaan di kantor. Mulailah menjadi suami yang siaga (siap antar dan jaga), siap mengantar istri ke dokter untuk memeriksakan kandungannya atau pada saat menjelang proses kelahiran. Luangkanlah waktu anda untuk menjaga dan memperhatikan kesehatan istri anda. Dalam hal ini yang bisa anda lakukan adalah dengan mengingatkannya untuk minum vitamin, makan makanan yang bernutrisi, jangan terlalu lelah dan berbagai anjuran yang disarankan oleh dokter kandungannya.

Mencari informasi

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang kehamilan dan kelahiran, hal ini akan sangat berguna untuk perkembangan ibu dan janin. Jika suatu saat terjadi sesautu yang tidak diinginkan, anda juga tidak akan kaget dan juga sudah mengetahui solusi serta penanganannya.  Anda bisa mendapat berbagai informasi tentang kehamilan dari majalah, internet, atau bisa langsung dari dokter kandungannya.

Membantu pekerjaan rumah istri

Kondisi fisik istri yang sedang mengandung harus dijaga, usahakan untuk mengurangi pekerjaan yang terlalu berat. Dalam hal ini suami dapat membantu pekerjaan rumah istri sekali-kali.

Dampingi istri saat melahirkan

Usahakanlah meluangkan waktu anda untuk mendampingi istri ketika proses melahirkan. Beberapa penelitian mengungkapkan proses kelahiran yang didampingi sang suami akan berdampak positif untuk bunda dan buah hatinya seperti proses persalinan cenderung lancar dan cepat. Hal ini dipengaruhi oleh rasa bahagia dan nyaman yang dirasakan bunda karena didampingi oleh suaminya.

Peran suami saat istri hamil dan melahirkan sangatlah penting. Hal ini terbukti banyak memberikan manfaat untuk bunda dan buah hati. Jika bunda merasa bahagia dan mendapat dukungan dari sang ayah dalam menyambut sang buah hati, kondisi janin pun akan berdampak positif. Oleh karena itu dampingi dan berikanlah dukungan yang besar untuk istri saat hamil dan melahirkan.

Copyright © 2013 Tanya Wanita . All Right Reserved.
Powered by Blogger .