Artikel

Artikel

Google+ Page

Selasa, 25 September 2012

Bagaimana Mencegah Keputihan?


Hampir semua wanita pasti pernah mengalami keputihan, paling tidak sekali dalam seumur hidupnya. Keputihan ini sangat tidak nyaman bagi kaum wanita dan terkadang membuat kita resah atau takut terhadap penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan oleh keputihan ini. Sebagai wanita yang perduli terhadap kesehatan, kita harus mewaspadai keputihan ini dengan cara mengenali terlebih dahulu apa keputihan itu..  
Apa sih yang dimaksud dengan keputihan? Keputihan adalah cairan putih yang keluar dari vagina kita secara berlebihan. Keputihan ada 2 jenisnya yaitu keputihan yang normal dan tidak normal. Keputihan yang normal biasanya terjadi karena factor kondisi fisik yang sedang kelelahan, stres atau ketika mendapat rangsangan seksual. Selain itu keputihan normal terjadi pada saat sebelum atau sesudah mentruasi. Jenis keputihan ini biasanya berwarna putih jernih serta tidak menyebabkan gatal di vagina kita. Keputihan ini jumlahnya tidak berlebihan. 

Sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya berwarna kekuningan atau kehijauan. Keputihan jenis ini menyebabkan bau yang tidak sedap dan membuat vagina menjadi gatal-gatal. Keputihan ini jumlahnya sangat banyak. Jika timbul keputihan seperti ini maka langkah awal yang harus dilakukan adalah segera konsultasikan ke dokter agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari. Jika keputihan terjadi secara terus-menerus maka dapat mengganggu organ kewanitaan kita. Keputihan tidak normal ini biasanya disebabkan oleh adanya bakteri, virus atau jamur.  

Lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi sebelum terjadinya keputihan maka kita harus bisa mencegahnya terlebih dahulu. Untuk mencegah timbulnya keputihan ada beberapa tips cara pencegahannya.
Do’s
1. Bersihkan vagina setelah buang air dengan air bersih usahakan dengan air yang mengalir dengan cara mengusapnya dari depan ke belakang.
2. Gunakan celana dalam yang terbuat dari bahan katun serta gantilah celana dalam minimal 2 kali dalam sehari. Jika celana dalam anda basah atau lembab segeralah ganti dengan yang kering, bawalah selalu cadangan celana dalam di tas anda jika anda sering berpergian
3. Gunakan pantyliner seperlunya saja ketika anda berpergian.
4. Ketika mentruasi gantilah pembalut sesering mungkin maks setiap 4 jam sekali.
5. Hindari pemakaian cairan pembersih vagina yang dapat mengganggu keseimbangan pH vagina. Usahakan gunakan cairan pembersih yang terbuat dari bahan susu karena dapat menjaga keseimbangan pH vagina.
6. Hindari penggunaan spray atau parfum untuk mengharumkan vagina.
7. Hindari penggunaan bedak di vagina anda
8. Hindari pemakaian celana berbahan denim terlalu sering karena akan menghambat sirkulasi udara di sekitar vagina

Disini juga saya ingin berbagi ramuan untuk menghilangkan keputihan, ramuan ini saya dapat dari hasil membaca buku “Buku Saku Sehat dan Cantik” yang diterbitkan oleh Shira Media. 
Bahan :
1. 3 siung bawang putih 
2. 2 ruas jahe 
3. 5 butir cengkeh
4. 3 ruas kencur
5. 3 ruas temu kunci 
6. Garam secukupnya
Cara: semua bahan dicampur dengan perasan jeruk nipis kemudian tambahkan air putih secukupnya. Minum ramuan ini seminggu sekali. 
Itulah beberapa tips cara  mencegah keputihan. Sebaiknya segera obati keputihan sebelum terlambat dan jangan biarkan berlangsung terus-menerus.    

Copyright © 2013 Tanya Wanita . All Right Reserved.
Powered by Blogger .