Artikel

Artikel

Google+ Page

Rabu, 21 November 2012

Cara Mencegah Tumbuhnya Uban di Usia Remaja


Uban atau rambut putih biasanya baru tumbuh pada saat usia kita sekitar 30-an. Namun ada beberapa kasus dimana uban sudah tumbuh di usia remaja. Sekarang ini uban atau rambut putih tidak hanya terjadi karena faktor umur saja, akan tetapi kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia remaja. Uban yang tumbuh di usia remaja memang sesuatu yang sangat mengganggu dan memalukan apalagi untuk remaja wanita. Tumbuh uban sebelum waktunya akan membuat rasa percaya diri berkurang ketika sedang bergaul dengan teman sebaya.

Untuk mengatasi uban ini memang belum ada obatnya, cara mudah dan praktis adalah dengan cara memakai pewarna rambut untuk menutupi rambut putih tersebut. Perlu diketahui pemakaian pewarna rambut yang berlebihan dapat merusak rambut sehingga rambut menjadi tidak sehat. Padahal ada banyak cara untuk mencegah tumbuhnya uban di usia remaja. Berikut ini ada beberapa tips mencegah tumbuhnya uban di usia remaja.

Gunakan pewarna rambut yang terbuat dari bahan alami

Penggunaan pewarna rambut yang terbuat dari bahan kimia secara berlebihan dapat merusak rambut dan dapat memicu penuaan  rambut sehingga akan tumbuh uban. Jika kita terpaksa harus menggunakan pewarna rambut maka gunakanlah pewarna rambut yang terbuat dari bahan alami. Pewarna rambut alami bisa kita dapat dari sayuran, seperti bayam untuk medapatkan warna hijau, daun pacar untuk warna merah atau bisa menggunakan kunyit untuk warna kuning. Menggunakan pewarna rambut dari bahan alami mungkin tidak bertahan lama tapi sisi baiknya rambut kita akan tetap sehat.

Gunakan minyak rambut yang berbahan dasar alami.

Gunakan minyak rambut yang berbahan daras alami seperti dari minyak wijen, daun mangkokan, daun atau bunga sepatu. Minyak rambut dari bahan alami sangat ampuh untuk menjaga kesehatan rambut.

Konsumsilah makanan yang bergizi. 

Penuhi asupan gizi kita dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan vitamin B12. Zat besi dan vitamin B12 banyak terdapat pada makanan yang berasal dari hewani, seperti telur, susu, daging unggas, kepiting, salmon, ikan, hati sapi dan lain sebagainya. Sebenarnya di supermarket-supermarket juga sudah banyak yang menjual vitamin khusus rambut, akan tetapi tidak semua jenis rambut akan cocok menggunakan vitamin jenis ini. Jika tetap ingin memakai vitamin khusus rambut ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit.

Hindari makanan yang mengandung kafein pada kopi, alkohol, makanan yang pedas, asam. Jenis makanan ini akan membuat kulit kepala menjadi kering dan tidak terjaga kelembabannya sehingga tumbuh uban di rambut.

Hindari menggunakan hair dryer terlalu sering.

Biasakan mengeringkan rambut dengan cara alami dan hindari pemakaian hair dryer terlalu sering. Panas yang dihasilkan dari hair dryer untuk mengeringkan dapat menyebabkan rambut memutih.

Olahraga yang teratur. 

Salah satu penyebab uban tumbuh di usia remaja karena stres. Jika hal ini yang terjadi maka cara pencegahannya adalah dengan melakukan olah raga. Cobalah untuk bersikap rileks dengan melakukan olah nafas, meditasi atau yoga, dengan begini peredaran darah akan menjadi lancar. Tubuh yang rileks akan mengurangi stres.
  

Berhenti merokok.

Merokok dapat memicu penuaan dini pada rambut sehingga akan cepat tumbuh uban. Usahakan berhenti merokok agar sirkulasi darah menjadi lancar sehingga tidak hanya rambut kita yang menjadi sehat, tubuh kita pun akan menjadi sehat. Selain asap rokok polusi udara pun dapat merusak rambut, oleh karena itu hindari rambut dari polusi udara.

Copyright © 2013 Tanya Wanita . All Right Reserved.
Powered by Blogger .