Artikel

Artikel

Google+ Page

Sabtu, 17 November 2012

Mengenal Kanker Payudara dan Pencegahannya

Selain kanker rahim, kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang wajib diwaspadai oleh kaum wanita. Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan payudara. Penderita penyakit kanker payudara ini bisa dikatakan tidak sedikit, bahkan penderitanya terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan sedikitnya pengetahuan wanita tentang penyebab kanker payudara. Gejala awal kanker payudara ini terkadang terlihat seperti hal yang sepele, karena biasanya gejalanya tidak akan mengganggu kondisi tubuh dalam beraktifitas, sehingga kurang mendapat perhatian khusus dari kita. Hal ini yang menyebabkan penanganan terhadap penderita kanker payudara menjadi sulit dan tidak maksimal.

mencegah kanker payudara



Untuk mendeteksi lebih awal adanya kanker payudara dalam tubuh kita, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu faktor yang dapat memicu kanker payudara. Faktor-faktor ini yang membuat seseorang memiliki kemungkinan yang lebih besar terserang kanker payudara daripada orang lain. Apa saja faktor-faktor tersebut? Diantaranya adalah:
·         Faktor keturunan. Tanyakanlah kepada anggota keluarga anda seperti nenek, ibu atau saudara perempuan, “apakah mereka memiliki riwayat terserang kanker payudara?” Jika jawabannya iya, maka anda harus waspada, karena anda akan memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar terserang kanker payudara dari orang lain.
·         Wanita yang tidak memiliki anak atau melahirkan anak pertama pada usia 35 tahun ke atas.
·         Tidak memberikan ASI kepada anaknya setelah melahirkan
·         Menstruasi pertama kali di usia yang tergolong terlalu muda atau menopause yang terlambat (di atas 50 tahun)
·         Pernah mengalami penyakit kanker payudara sebelumnya atau penyakit payudara lainnya.
·         Mendapat terapi pengganti hormon dalam jangka panjang
·         Obesitas
·         Mengkonsumsi lemak secara berlebihan
·         Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan

Perlu diingatkan sekali lagi, bahwa faktor-faktor tersebut tidak dapat dijadikan patokan utama karena wanita yang tidak memiliki faktor pemicu ini juga dapat terserang kanker payudara. Oleh sebab itu kita juga harus mengetahui gejala dan tanda-tanda awal penyakit kanker ini. Hal ini akan sangat berguna untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin sebelum kanker ini menjadi ganas sehingga sulit untuk disembuhkan. Gejala atau tanda-tanda kanker payudara diantaranya adalah sebagai berikut:

·         Adanya benjolan di payudara atau disekitar ketiak, biasanya benjolan ini tidak terasa sakit dan ketika disentuh akan terasa keras. Benjolan ini umumnya berukuran kurang lebih sebesar kacang polong. Apabila terdapat benjolan ini, tekanlah benjolan tersebut apabila dapat bergeser berarti masih gejala kanker payudara ringan, sebaliknya jika benjolan tersebut ditekan dan tidak dapat bergeser serta ukurannya lebih besar dan keras maka ini merupakan gejala kanker stadium lanjut.  
·         Bentuk payudara mengalami perubahan bentuk dan warna. Permukaan payudara akan berkerut seperti kulit jeruk dan warna kulit payudara akan berubah menjadi kemerahan. Kulit akan terasa kasar dan kaku.
·         Keluar cairan dari payudara anda, biasanya cairan ini berupa darah dan tidak banyak. Selain darah cairan itu bisa juga berupa cairan kekuningan seperti darah putih atau bisa juga nanah. Payudara akan terasa nyeri dan daerah sekitar puting susu akan terasa gatal.   
·         Puting susu mengalami pembengkakan.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti ini maka segeralah periksakan ke dokter, karena jika terlambat maka kanker ini akan sangat sulit untuk disembuhkan. Sebaliknya jika anda belum memiliki gejala-gejala tersebut, ada baiknya anda melakukan pencegahan sehingga dapat menurunkan resiko terserang kanker payudara. Ada beberapa cara yang dapat mencegah dan menurunkan resiko terserang kanker ini diantaranya adalah:

·         Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin setiap bulan setelah menstruasi
·         Hindari memakai bra yang telalu sempit, karena akan membuat peredaran darah menjadi tidak lancar
·         Hindari memakai bra terlalu lama, usahakan jangan memakai bra lebih dari 12 jam setiap harinya
·         Hindari memakai bra saat anda tidur, hal ini dapat memperlancar peredaran darah
·         Mulailah memiliki gaya hidup yang sehat. Berolahragalah secara teratur. Kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Hindari juga mengkonsumsi alkohol dan rokok. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, makanan yang banyak mengandung serat. Jika anda penggemar makan daging maka jangan memasak daging terlalu matang.
·         Perbanyaklah makan makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan tempe serta  makanan jenis kacang-kacangan
·         Jika anda mengalami obesitas, maka lakukanlah diet yang sehat
·         Berjemurlah di bawah sinar matahari
·         Memberikan ASI kepada anak anda. Karena memberikan ASI yang rutin dapat mencegah penumpukan dan pembusukan air susu di dalam kelenjar payudara. 

Kanker payudara memang salah satu jenis penyakit yang mematikan namun bukan berarti tidak dapat disembuhkan, selama mendapat penanganan yang cepat dan tepat. Cegahlah sebelum terlambat. Apabila sudah terserang, segeralah periksakan ke dokter jangan menunda terlalu lama.

Copyright © 2013 Tanya Wanita . All Right Reserved.
Powered by Blogger .