Artikel

Artikel

Google+ Page

Jumat, 09 November 2012

Mengapa Tumbuh Uban di Usia Remaja


Umumnya uban di rambut baru tumbuh pada saat usia kita 34 – 42 tahun dan akan semakin banyak saat usia kita mencapai 40 – 50 tahun. Akan tetapi tidak jarang pada usia anak-anak dan remaja sudah tumbuh uban di rambutnya. Hal ini akan sangat mengganggu mereka karena akan merasa minder dan kurang percaya diri dalam bergaul. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan uban tumbuh di usia remaja. Tidak perlu panik, hal ini bukan sesuatu yang aneh kok, karena tidak hanya kulit wajah saja yang dapat mengalami penuaan dini, rambut kita juga bisa mengalami penuaan dini kok. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya, diantaranya adalah:

Faktor keturunan
Faktor penyebab yang paling umum adalah karena faktor keturunan. Cobalah tanyakan kepada orang tua atau sanak famili, apakah diantara mereka di usia remaja rambutnya sudah ditumbuhi uban? Jika iya, maka kemungkinan besar kita juga akan mengalami hal yang sama yaitu sudah tumbuh uban di usia remaja. Penyebab uban yang tumbuh di usia dini terdapat di dalam gen yaitu suatu bahan genetik yang berhubungan dengan sifat tertentu yang diwariskan dari satu individu ke individu yang lainnya. Lakukanlah perawatan secara intensif untuk memperlambat munculnya uban.  

Kekurangan vitamin B dan zat besi
Selain karena faktor keturunan, penyebab tumbuhnya uban di rambut karena kekurangan vitamin B (kuhusunya vitamin B12) dan zat besi. Vitamin B dan zat besi merupakan vitamin dan mineral yang paling ampuh untuk menghambat pertumbuhan uban. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin B dan zat besi seperti ikan, telur, dan beberapa produk sejenis susu dan daging unggas.

Stres
Stres dapat menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban di usia dini, kenapa? Karena jika kita sedang stres maka cadangan vitamin B12 dalam tubuh kita akan terkuras. Stres juga dapat menghambat produksi melanin atau pigmen warna rambut alami, yang dihasilkan oleh sel melanosit dalam tubuh kita. Aktivitas sel melanosit sebagai penghasil melanin yang bekerja tidak maksimal akan menyebabkan melanin juga tidak dapat bekerja secara maksimal untuk menyeimbangkan cepatnya pertumbuhan rambut sehingga menyebabkan proses memutihnya rambut
Jika munculnya uban di usia dini karena stres, maka kita bisa sedikit tenang karena hal ini hanya bersifat sementara. Jika stres kita sudah hilang maka secara otomatis produksi pigmen akan kembali bekerja secara normal. Rambut yang putih akan rontok dengan sendirinya dan rambut akan kembali menjadi hitam 
   
Gizi yang buruk

Gizi yang buruk dapat menjadi penyebab rambut ditumbuhi uban di usia remaja. Gizi buruk tidak hanya menyebabkan tumbuhnya uban pada usia dini tapi juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut kita secara umum karena asupan makanan menjadi tidak seimbang. Itu sebabnya anak yang memiliki gizi buruk, rambutnya akan tampak kemerahan dan tidak sehat. Jajan sembarangan menjadi salah satu penyebab gizi buruk. Oleh karena itu mulailah ubah kebiasaan jajan sembarangan, mulailah hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi.

Gaya hidup tidak sehat

Jika kita hidup di lingkungan yang mayoritas adalah perokok atau kita adalah seorang perokok, ini menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban di rambut di usia dini. Karena asap rokok memiliki pengaruh buruk untuk kesehatan rambut kita. Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh akan menghambat aliran zat-zat gizi yang berguna untuk tubuh. Selain asap rokok, polusi udaran juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut kita lho.

Menggunakan pewarna rambut

Zat kimia yang terkandung dalam pewarna rambut akan meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Hal inilah yang mengganggu kesehatan rambut kita sehingga uban akan cepat tumbuh. Usahakan hindari pemakaian pewarna rambut terlalu sering. Selain pemakaian pewarna rambut, penggunaan minyak rambut dan shampo yang mengandung belerang secara berlebihan juga bisa menyebabkan tumbuhnya uban di rambut di usia dini. 

Copyright © 2013 Tanya Wanita . All Right Reserved.
Powered by Blogger .