Artikel

Artikel

Google+ Page

Senin, 10 Desember 2012

Bagaimana Cara Mencegah Osteoporosis


Osteoporosis atau biasa disebut keropos tulang merupakan satu jenis penyakit tulang yang memiliki sifat massa tulang yang rendah atau kualitas jaringan tulang yang menurun sehingga tulang menjadi rapuh. Pada umumnya osteoporosis dialami oleh wanita karena wanita memiliki siklus mentruasi yang memungkinkan kalsium di dalam tubuh ikut keluar bersamaan darah yang keluar dari tubuh. Tapi tidak hanya wanita saja lho, para pria pun bisa berpotensi mengalami osteoporosis ini.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan osteoporosis, diantaranya adalah kekurangan kalsium, penuaan, pengeroposan tulang dan menopause dini. Osteoporosis juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Jadi, tanyakanlah kepada keluarga kita, jika diantara anggota keluarga kita ada yang mengalami osteoporosis maka resiko kita menderita osteporosis semakin besar.

Penderita osteporosis sangat rentan mengalami patah tulang. Biasanya bagian tulang yang sering patah adalah tulang di bagian ruas tulang belakang, tulang pinggul, tungkai dan pergelangan lengan bawah. Penderita osteoporosis biasanya sudah berusia lanjut, tapi sekarang banyak yang telah mengalami osteoporosis saat masih muda. Soo, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Pada artikel ini saya ingin berbagi tips cara mencegah osteoporosis.


  • Perbanyak mengkonsumsi kalsium 

Kalsium sangat berguna untuk pembentukkan tulang. Perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium, hal ini sangat berguna untuk memperkuat tulang kita. Beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung kalsium adalah susu, kedelai, almond, sarden, ikan laut (salmon), jus jeruk, kuning telur, sereal, brokoli, yoghurt, dan sayuran yang berhijau daun.

  • Sinar Matahari

Di bawah kulit kita terdapat vitamin D yang jika terkena sinar matahari akan aktif dan berubah menjadi vitamin D3. Vitamin ini dapat mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang. Berjemurlah di bawah sinar matahari sekitar 10 – 15 menit setiap hari. Berjemur di bawah sinar matahari bisa dilakukan sebelum pukul 9 pagi atau sesudah pukul 3 sore.

  • Olahraga teratur 

Olahraga secara teratur dapat merangsang tubuh untuk membangun tulang agar tetap kuat. Jika kita termasuk wanita yang memiliki sedikit waktu, maka usahakanlah meluangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan yang dapat dilakukan bisa dengan hanya berjalan kaki, senam atau jogging.

  • Berhenti merokok

Zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menghambat penyerapan dan penggunaan kalsium di dalam tubuh kita. oleh karena itu para perokok aktif berpotensi besar terkena osteoporosis. Berhentilah merokok untuk mengurangi resiko mengalami osteoporosis. Ada beberapa penelitian yang menemukan hubungan antara aktifitas merokok dengan osteoporosis baik pada pria maupun wanita. Selain rokok, anda juga disarankan untuk menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol. Menjalani pola hidup sehat dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis.

  • Kurangi mengkonsumsi kopi

Jika anda penggemar kopi, sebaiknya kurangi mengkonsumsinya. Jika sedang ingin meminum kopi sebaiknya mencampur kopi dengan susu atau krim untuk mengurangi kadar kafein dalam kopi tersebut. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat mendorong keluarnya kalsium dari dalam tubuh. Kurangi juga mengkonsumsi softdrink/minuman ringan karena dapat menghambat penyerapan kalsium.

Dengan melakukan tips-tips pencegahan osteoporosis, kita bisa meminimalisir resiko terkena osteoporosis. Lakukanlah pencegahan sedini mungkin, jangan menyesal di kemudian hari.

Copyright © 2013 Tanya Wanita . All Right Reserved.
Powered by Blogger .