Artikel

Artikel

Google+ Page

Jumat, 07 Desember 2012

Cara Praktis Hidup Sehat Di Kantor

Menjalani Pola Hidup Sehat di Kantor

Selama 8 jam setiap harinya kita menghabiskan waktu kita untuk bekerja di kantor. Terkadang selama 8 jam itu kita habiskan hanya duduk di depan komputer. Rasanya sangat sulit mencari waktu luang untuk berolahraga di tengah kesibukkan. Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan menurunnya stamina dan kesehatan kita. Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan waktu di sela-sela waktu bekerja. Luangkanlah waktu untuk sekedar menggerakkan badan dan menjalani pola hidup sehat. Berikut ini adalah cara-cara praktis yang dapat anda lakukan untuk menjaga stamina dan menjalankan pola hidup sehat di kantor. 

  • Minum air putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan. Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari, 5 gelas sebelum jam makan siang dan 3 gelas menjelang pulang kerja. Minum air putih dapat memperlancar sistem pencernaan dan melancarkan buang air besar. Ada baiknya mengurangi minum kopi atau jenis minuman yang mengandung kafein tinggi. Bagi kita yang sering bekerja lembur, mungkin kopi sangat berguna untuk kita karena dapat menghilangkan rasa kantuk. Tapi jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sehingga kita jadi mudah stres. Jadi perbanyaklah minum air putih. 

  • Buah-buahan sebagai cemilan

Di sela-sela kesibukan bekerja kita terkadang suka merasa lapar dan ingin mengemil. Sebenarnya hal ini adalah sesuatu yang wajar akan tetapi menjadi suatu masalah bila kita menjadikan snack, keripik, atau coklat berkalori tinggi sebagai cemilan di kantor. Jenis cemilan tersebut dapat menambah lemak yang bertumpuk di tubuh kita. Gantilah makanan cemilan anda dengan buah-buahan seperti jeruk, apel, pisang atau bisa juga jus buah yang banyak mengandung serat.       

  • Bersihkan dan rapikan meja kerja kita

Untuk mencegah berbagai penyakit bersarang di ruang kerja kita, bersihkan dan rapikanlah meja kerja kita. Kadang jika kita sedang banyak kerjaan yang harus dikerjakan, kertas-kertas dan file berantakan di meja kita. Sempatkanlah merapikan meja kerja kita sebelum kita pulang kerja. Bersihkanlah komputer/laptop, keyboard, meja, atau telepon di meja anda dari debu minimal 2 hari sekali.  

  • Istirahatkan mata

Bekerja di depan komputer seharian bisa membuat mata menjadi sakit. Untuk kesehatan mata, alihkan pandangan dari komputer tiap 20 menit sekali. Pandanglah ke luar jendela kantor atau melihat tanaman hijau yang ada di ruangan. Hal ini dapat membuat mata kita yang tegang menjadi lebih rileks. Pasanglah kaca anti radiasi di komputer kita untuk menghindari radiasi yang dapat membuat mata kita nyeri. Jaga jarak antara monitor dan mata kita agar mata kita tidak sakit dan tidak mudah lelah. 

  • Banyak mengkonsumsi sayuran 

Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran untuk kesehatan. Gado-gado, pecel atau karedok bisa menjadi pilihan. Jika kita tidak menyukai sayur, kita bisa mengkombinasikan sayuran dengan makanan favorit kita seperti pizza yang banyak mengandung banyak sayuran atau lasagna bayam. Bagi anda yang suka salad bisa menjadikannya sebagai menu makan siang tetapi gunakan mayones secukupnya untuk mencegah lemak berlebihan. 

  • Fun

Kerjakan semua pekerjaan kita dengan senang hati dan rileks, jangan menjadikan pekerjaan kita sebagai beban. Menjadikan pekerjaan sebagai beban dapat membuat kita kurang nafsu makan dan sulit tidur di malam hari. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan kita.  

  • Cuci tangan sebelum makan

Hampir sehari penuh jari-jari kita menyentuk keyboard dan mouse sehingga tanpa kita sadari kuman-kuman menempel di jari kita. Cucilah tangan sebelum makan dengan menggunakan air bersih dan sabun (bisa memakai pembersih antiseptik). 

  • Hirup udara segar

Ruangan ber-AC cenderung lembab dan tidak sehat. Sempatkanlah keluar gedung kantor minimal 2 kali sehari untuk menghirup udara segar (cukup 5 menit). Tarik napas dan isi paru-paru kita dengan oksigen yang baru. Jangan keluar gedung hanya untuk merokok. 

  • Istirahatkan tangan sejenak

Selama berjam-jam mengetik, otot tangan bisa menjadi kram atau kesemutan. Untuk menghindari tangan kram dan kesemutan, lakukanlah gerakan pelemasan dengan cara menggerakkan pergelangan tangan memutar atau bisa juga dengan meletakkan kedua tangan di samping tubuh kita.  

  • Stretching 

Lakukan stretching selama 5-10 menit tiap jam. Hal ini berguna untuk menghindari otot leher menjadi kaku. Gerakkan leher, pundak, lengan dan pinggang. Gerakan ini bisa anda lakukan sambil duduk atau berdiri. Dengan melakukan gerakan stretching otot-otot sekitar leher akan kembali menjadi lemas. 

  • Atur posisi tubuh saat bekerja

Saat bekerja usahakan duduk dengan posisi tegak jangan sampai menekuk perut. Posisi duduk yang tidak tegak dapat menyebabkan cepat pegal dan sakit punggung. Gunakan kursi yang nyaman agar bokong dan punggung kita merasa nyaman dan menghindari cedera. Font tulisan yang besar dan mudah dibaca dapat membantu posisi duduk kita sehingga kita tidak perlu membungkukkan badan ke depan monitor untuk membaca tulisannya.    

  • Manfaatkan waktu makan siang dengan sebaik-baiknya

Gunakan waktu makan siang kita untuk makan dan menjernihkan pikiran dari rutinitas pekerjaan walaupun pekerjaan kita sedang numpuk. 

  • Jangan menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil tidak sehat untuk kandung kemih dan bisa juga meninggalkan aroma tidak sedap di daerah bawah. Usahakanlah buang air kecil tiap 1 jam sekali. Jangan pula malas untuk mengganti pembalut dan pantyliner tiap 2 jam sekali. 

Copyright © 2013 Tanya Wanita . All Right Reserved.
Powered by Blogger .