Artikel

Artikel

Google+ Page

Rabu, 13 Februari 2013

Cara Memilih Bra / BH yang Benar


Bra adalah salah satu jenis pakaian dalam untuk wanita. Selain untuk menutupi bagian intim wanita yaitu payudara, memakai bra juga berfungsi untuk keindahan dan kesehatan. Oleh sebab itu dalam memilih bra kita tidak boleh sembarang. Jika kita memakai bra yang terlalu ketat/sempit, payudara akan tertekan sehingga bisa menyebabkan  sirkulasi darah menjadi terganggu dan kulit bisa menjadi iritasi sebaliknya jika memakai bra yang terlalu longgar, payudara akan menjadi kendor atau menggantung karena kurang ditopang. Menggunakan bra yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan sakit pada punggung. Jadi, bagaimana cara memilih bra yang benar dan tepat?

  • Mengukur payudara

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk memilih bra yang tepat adalah dengan mengetahui ukuran payudara kita. Tidak sedikit dari kita yang tidak mengetahui ukuran payudara kita yang sebenarnya, selain itu ukuran payudara kita juga bisa berubah-ubah, jadi usahakanlah mengukur payudara anda secara berkala minimal setiap 8 bulan sekali. Untuk mengtahui ukuran bra anda, maka ukurlah lingkar tubuh bagian dada bawah dan besarnya payudara anda (ukur ketinggian puting). Ukuran bra untuk lingkar dada dinyatakan dengan angka seperti 32, 34, 36 sedangkan untuk besarnya payudara atau cup payudara dinyatakan dengan huruf seperti A, B, C, dan seterusnya. Mengukur dada berfungsi untuk menempatkan payudara pada posisi yang benar.

  • Mencoba sebelum membeli 

Walaupun anda telah mengetahui ukuran payudara anda, bukan berarti pada saat membeli bra anda tidak perlu mencobanya terlebih dahulu karena setiap merk  memiliki perbedaan ukuran apalagi jika produknya dari luar negeri. Usahakanlah untuk mencoba bra sebelum membeli, pastikan bra tersebut dapat membuat nyaman dan dapat menopang payudara dengan baik. Untuk mengetahui apakah bra tersebut pas dan sesuai dengan ukuran payudara kita, maka lihatlah tali belakang bra. Jika tali belakang bra  tidak menempel sempurna di punggung atau ada kerutan pad cup bra maka bra tersebut kebesaran. Bra yang bagus dan sesuai dengan kita adalah bra yang tidak meninggalkan bekas di kulit dan punggung.

  • Pilih bra yang berbahan katun 

Pilihlah bra yang terbuat dari bahan katun karena bahan ini memiliki pori-pori sehingga dapat bernapas yang leluasa. Bra yang terbuat dari bahan katun sangat cocok untuk digunakan sehari-hari karena sangat nyaman.

  • Menggunakan bra khusus

Adakalanya wanita mengalami perubahan ukuran payudara, seperti pada saat hamil dan menyusui atau pada saat sebelum atau sesudah menstruasi. Pada masa-masa tersebut payudara kita akan sedikit membesar. Dalam hal ini anda disarankan untuk menggunakan bra yang khusus untuk masa-masa tersebut.
Saat berolah raga pun anda disarankan untuk menggunakan bra khusus untuk berolah raga atau sport bra. Hal ini berfungsi untuk mengurangi guncangan pada saat berolah raga. Bra khusus untuk olah raga biasanya memiliki sifat bahan yang dapat menyerap dan mengeringkan keringat.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Copyright © 2013 Tanya Wanita . All Right Reserved.
Powered by Blogger .